Pesona Jemani

Pesona Jemani
Jemani indukan

Rabu, 12 Juni 2013

Teknik Membudidayakan Jemani


Jenmanii Vegetatif atau Generatif ?


Langkanya dan terbatasnya ketersediaan Jenmanii (baik bibit ataupun indukan) yang ada di pasar menyebabkan tingginya nilai dari sebuah Jenmanii, apapun jenisnya, tidak hanya dari jenis langka seperti cobra dan sebagainya. 1 Indukan yang berusia 4-5 tahun dengan tongkol hanya bisa menghasilkan 100-200 biji, tidak seperti jenis anthurium lainnya yang bisa menghasilkan ribuan biji. Dari setiap biji yang dihasilkan dari satu indukan akan menghasilkan Jenmanii dengan karakter yang tidak akan sama persis dengan indukannya. Indukan Cobra belum tentu menghasilkan jenis Jenmanii Cobra yang sama dengan indukannya,namun kualitas dari Jenmanii tetap akan terbentuk dari hasil tersebut.


Dengan langka dan susahnya pengembangan Jenmanii, sehingga para pengembang melakukan beberapa cara agar dapat menghasilkan Jenmanii yang berkualitas dan sedekat mungkin dengan karakter indukannya. Cara yang pertama adalah dengan cara Generatif.Proses ini merupakan metoda dasar perkembangbiakan tanaman Anthurium, yaitu melalui biji. Biji akan dihasilkan oleh indukan dengan rata-rata setelah 4-5 tahun dengan jumlah biji yang dihasilkan berkisar antara 100-200 biji Jenmanii. Setiap biji akan berkembang menjadi Jenmanii dengan dasar indukan, namun karakter dari Jenmanii yang dihasilkan dari biji tidak akan sama persis dengan indukannya, mungkin hanya kurang dari 1 persen yang menghasilkan biji dengan karakter sama dengan indukannya, namun tidak akan sama persis. Sebagai contoh, indukan Jenmanii Cobra yang menghasilkan 100 biji, 1 atau bahkan tidak satupun dari biji tersebut yang akan berkarakter cobra, namun, jenmanii tersebut tetap mempunyai kualitas tertentu.

Untuk menghasilkan bibit Jenmanii yang mempunyai karakteristik sama dengan indukan, maka para pengembang melakukan proses yang dinamakan split, split ini merupakan regenerasi Jenmanii secara Vegetatif. Jenmanii baru yang dihasilkan dari metoda ini akan memiliki karakteristik yang sama dengan indukannya. Namun, tidak banyak pengembang Jenmanii yang berani dan berspekulasi melakukan split pada indukan Jenmanii yang dimilikinya, karena ada tehnik tertentu yang harus diketahui. Secara fisik, ada bagian dari Jenmanii tersebut yang dipotong untuk merangsang tumbuhnya tunas dan akar yang baru.

Dari harga, jelas metoda secara vegetatif (split) akan menghasilkan Jenmanii yang lebih bernilai tinggi, karena kesamaan karakteristik dari indukannya lebih terjamin. Semua pasti ada pro dan kontra nya, silahkan anda pilih sesuai dengan pandangan dan pengetahuan anda tentang Jenmanii. Anda hanya dirugikan jika anda salah membeli Jenmanii, namu ternyata jenis tersebut bukanlah Jenmanii, melainkan jenis yang lebih rendah kelas dan nilainya. Jangan pernah takut untuk mencoba, karena dari situlah kita bisa belajar. Semoga sukses !!!
Sumber : jenmanii-ku.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah, semoga bisa istiqomah dan bermanfaat,
Diharapkan setelah berkunjung untuk memberikan komentar
baik berupa saran maupun kritik yang membangun.