Pesona Jemani

Pesona Jemani
Jemani indukan

Sabtu, 06 September 2014

Merangsang Tumbuhnya Tongkol Jemani

Merangsang Tumbuhnya Tongkol Jemani

Cara terbaik untuk merangsang tumbuhnya tongkol Jemani yang Anda miliki agar cepat keluar, kuncinya terletak pada ketersediaan unsur phospat (P) dalam Anthurium bersangkutan. Unsur P sendiri memiliki peran penting dalam pembentukan bunga (tongkol), buah dan biji.  
Sumbe-sumber P bisa didapatkan dari kompos, pupuk kandang dan pupuk buatan. Sumber P alami bisa dari pupuk organik, kompos, bokashi, pupuk kandang dan arang sekam. Sementara pupuk buatan pabrik yang mengandung P tinggi mampu merangsang tumbuhnya tongkol. Beberapa diantaranya SP-36, NPK 16-16-16, Dekastar dan Blacastar untuk pembuahan. 
Blacastar dan Dekastar adalah tergolong pupuk majemuk karena mengandung unsur N, P dan K lengkap. Untuk merangsang keluarnya tongkol itu, pilih yang kadar P nya tinggi. Pupuk ini diberikan setiap 1 bulan sekali dengan dosisi 1-2 sendok teh yang disebar di atas media tanam atau ditugalkan sejauh 15-20 cm dari tanaman. 
Bakalan biji yang jadi
Sebaliknya SP-36 adalah pupuk tunggal dengan kandungan P tinggi. Pemakaiannya sebisa mungkin dioplos dengan Urea dan KCL dengan perbandingan Urea (1 bagian), SP-36 (2 bagian), dan KCL (1 bagian). Satu tanaman cukup diberi oplosan pupuk tersebut sebanyak 1-2 sendok teh. 
Selain menggunakan pupuk P, merangsang keluarnya tongkol jemani bisa dilakukan dengan penyemprotan hormon perangsang sekelas Atonik, Abitonik dan GA3. Ketiganya merupakan ZPT yang mampu memacu keluarnya bunga dan buah termasuk tongkol Anthurium. Bahan ini cukup disemprotkan pada daun-daun tanaman setiap 1-2 minggu sekali dengan dosis 2 cc per liter air. 
Sementara GA3 juga merupakan jenis ZPT yang cepat memacu keluarnya tongkol. Bahan ini cukup disemprot pada daun-daun tanaman setiap 2 minggu sekali dengan dosis kecil yakni 0,5 - 1 cc per liter air. Selamat mencoba dan bereksperimen.
Sumber : Jemani Klaten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah, semoga bisa istiqomah dan bermanfaat,
Diharapkan setelah berkunjung untuk memberikan komentar
baik berupa saran maupun kritik yang membangun.