Pesona Jemani

Pesona Jemani
Jemani indukan

Minggu, 21 September 2014

Melacak Indukan Jemani Eka (Escobar)

Silangan Unggulan dari Dua Indukan Berkelas 

" Jemani Cobra Katalog  & Jemani Esmeralda "
Cobra Katalog
Melacak indukan jemani Escobar. Merupakan hal yang harus dilakukan untuk menemukan sebuah jawaban seperti apakah indukan dari jemani yang kemunculannya sempat menghebohkan dunia maya, tempat Anthuriumania biasa berkongkow di internet. Di pertengahan januari tahun 2009 yang lalu Anthuriumania Jakarta memang pada membicarakan jemani ini. Jemani Escobar begitu namanya. Sontak membuat pameran-pameran jadi sarana perburuan, terutama bibitan dan usia remajanya. Sebenarnya dimana keberadaan jemani Escobar yang termasuk hybrid ini. 

Jemani Esmeralda   

Ada kolektor yang boleh dibilang baru di Jakarta ia pemilikinya. Tapi tekesan diam dan jarang menampilkan koleksinya itu ke permukaan. Kecuali turun ke kontes. "Awalnya sih saya tak tahu kalau koleksi saya ini adalah jemani Escobar," tutur Angga, sang kolektor yang tinggal di Slipi, Jakarta Barat. Koleksinya itu memang acap menang di sejumlah kontes di Jabodetabek." Tahunya, saya mengira malah Cobra varian saja," sambungnya. 
Berikut ini Adalah Varian Eka ( Escobar )
Ia yang termasuk pemilik tangan kedua jemani Escobar, menceritakan asal-usul jemaninya itu. Dia membelinya dari tangan salah satu kolektor yang bernama Hendra Bogana. Transaksinya waktu itu senilai Rp 50 juta. "Saya tidak tahu. Kalu jemani yang saya beli dari tangan Hendra adalah jemani Escobar asli. Awalnya saya mengira jemani Escobar ini malah tergolong Cobra varian," senyum Angga.
Varian Escobar 
 Jemani Escobar adalah hybrid hasil silangan dari jemani Cobra Katalog dan jemani Esmeralda. Jadi memang masih ada bau cobranya. Nah.. ternyata dari dua indukan itulah Pak Budi melakukan cross pollination atau penyerbukan silang secara buatan. Dari hal tersebut ia berhasil mendapatkan hybrid yang sekarang namanya melejit, jemani Escobar. "Saya sendiri yang mendapat keterangan itu dari Budi. Dia bilang kalau jemani Escobar merupakan hybrid hasil persilangan Cobra Katalog dan Esmeralda," jelas Hendra Bogana.

Warisan Karakter Istimewa Dua Induknya 

Karakter dari dua indukan jemani papan atas, jelas Escobar mewarisi dua sifat unggul induknya. Gurat uratnya jelas itu karakter khas jemani Cobra Katalog.Begitu pula dengan beberapa bagian dari pola lekukan leher daunnya. Itu karena seperti dituturkan Budi, indukannya jemani Cobra Katalog dijadikan betinanya, sedang jemani Esmeralda sebagai penyumbang serbuksari (pejantan). Dari tongkol jemani Cobra Katalog itu pulalah biji (oce) diambil lalu disemaikan.

 Masterpice Karya Budi Ramayana
Setelah ditelusuri dari mana asal-usul jemani Escobar dan siapa breedernya?? Hendralah yang bisa menjelaskannya waktu ketemu di pameran tanaman hias yang berlangsung di Monas. Ia menyebut, jemani Escobar ini ternyata berasal dari Jateng. Soal siapa yang menyilangkanya ia menunjuk nama Budi Ramayana. Varian tersebut sering disebut dengan nama "EKA Ramayana" dalam artian Jemani Eka hasil silangan dari Pak Budi Ramayana, Namun ada beberapa Anthuriumania menamainya dengan "ESCOBAR" ( Esmeralda silangan Cobra). Pak Budi Ramayana merupakan seorang yang sudah tidak asing lagi bagi Anthuriumania. Ia adalah sosok yang getol memburu dan mengoleksi varian jemani berkelas.
Bentuk daunnya yang lebih cenderung melebar bagian tengahnya, ujungnya tumpul dan oval, adalah ciri khas yang dimiliki oleh jemani Esmeralda. Dan tampilan karakter indah dinilai keutamaan daun Escobar, sudah terlihat mulai dari bibitan 3-5 daun. Pola pertumbuhannya cenderung melebar ke samping. Identitas resmi pola pertumbuhan daun jemani Esmeralda.  
Silangan Unggulan dari Dua Indukan Berkelas, menghasilkan varian berkelas pula. Selamat mencoba untuk berkreatifitas semoga muncul varian-varian baru yang berkualitas dan dapat membangkitkan semangat para petani dan anthuriumania.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah, semoga bisa istiqomah dan bermanfaat,
Diharapkan setelah berkunjung untuk memberikan komentar
baik berupa saran maupun kritik yang membangun.