Pesona Jemani

Pesona Jemani
Jemani indukan

Sabtu, 23 Agustus 2014

Anthurium Sirih

Anthurium Radicans Alias "Anthurium Sirih"

Si Unik yang Prospek, Langka dipasaran 

Sukar Berbiak, Harga Menanjak 


Dari banyaknya spesies dari Anthurium. Anthurium Sirih merupakan jenis spesies yang cukup unik dibandingkan dengan jenis Anthurium lainnya. 
Berikut ini merupakan ciri-ciri Anthurium Sirih:
1. Bentuk daun menyerupai pohon sirih. Dinamai Anthurium Sirih sudah pasti karena ada kemiripan dengan tanaman sirih. Namun kondisi daunnya lebar dan berkarakter.
2. Mempunyai susunan daun yang rose set. Anthurium sirih mempunyai susunan daun yang melingkar rapi. Namun kondisi stang daunnya cenderung panjang. Dari batang hingga ujung daun terdapat bulu-bulu halus yang tidak ditemukan pada tanaman sirih.
3. Daun tebal dan urat daun menonjol. Anthurium Sirih yang masih mempunyai gen baik akan terlihat berdaun tebal dan dipenuhi urat daun yang menonjol. Pastikan pada saat membeli perhatikan faktor ini. Maklum harganya masih tergolong mahal.
4. Struktur akarnya sederhana. Pada umumnya struktur akar Anthurium biasanya sangat banyak dan kekar. namun untuk jenis Anthurium Sirih, kondisi akar sedikit dan tidak menunjukkan keindahan yang baik. Memang bagian akar ini yang menjadikan sisi kekurangan Anthurium Sirih dibandingkan dengan jenis Anthurium lainnya.
 Anthurium Radicans Alias Anthurium Sirih
Sebetulnya ada tida jenis Anthurium Sirh, yakni A. Radicans (spesies), A. Luxuriens (spesies), dan A. Radicans X Dresslerii (hybrid). Di sini ketiganya sudah bisa ditemui. Sayangnya karena susah dibiakkan secara generatif (biji), jadi populasinya amat terbatas.  
BERAGAM SIRIH
Yang beredar di pasaran saat ini, memang ada banyak macam Sirih. Yang terbaik adalah A. Luxuriens, Sirih berstrata paling tinggi. Warna daunnya hijau pekat dan mengkilap seperti berminyak. Bentuk jantung hatinya juga lebih cembung tak terlalu   panjang. Tangkainya juga kecoklatan. Yang daunnya terlihat agak kusam, biasanya harganya standar-standar saja. Tapi yang hijau pekat mengkilap yang mahal. Yang kusam, dikenal sebagai spesies Anthurium Radicans itu. Satunya lagi yang juga sering ditemukan di pasaran adalah, hybrid antara A.Radicans dan A.Dresslerii yang disilangkan di Amerika sana. Nama botaninya A. Dresslerii x Radicans.
Ciri-ciri A. Radicans x Dressleri, daunnya agak panjang. Yang paling mencolok, daunnya berselang-seling, ada yang mengkilap sebagian lagi hijaunya agak puyeh. Itu karena Dressleri adalah salah satu jenis kuping gajah yang berdaun besar berkelir hijau rada muda dan ngedop. 

SUSAH DIBIAKAN
Entah kenapa Sirih susah sekali dibiakkan secara generatif (dengan biji). Bisa jadi syarat tumbuhnya yang tidak sesuai karena di habitatnya, di Amerika Tengah, Sirih hidup diketinggian 800-1.200 diatas permukaan laut(dpl).
Susah sekali, Memang bisa bertongkol , tapi buahnya susah bisa masak kalaupun ada yang masak , saat dikecambahkan juga susah jadi. Ini juga diakui pemilik Nursery di Ambarawa yang banyak memiliki indukan A.Sirih.
Hal itu juga diakui oleh kolektor-kolektor lainnya. Saya sampai frustasi mencoba mengawinkannya. Meski dicoba jantan dari sirih lain atau sebaliknya, tetap susah, aku kolektor asal Malang. 
 Adi punya kiat, coba saja kawinkan secara alamiah. Saling dekatkan antar sesama indukan Sirih yang sudah sama-sama bertongkol. Di ruang yang sirkulasinya bagus. Angin bertiup sepoi serta kelembaban yang cukup. Masih ada kemungkinan jadi.
KAWIN KUPING GAJAH
Karena secara generatif relatif susah dibiakkan, sejumlah kolektor mencoba mengawinkannya dengan kuping gajah, misalnya A. Clarinervium atau A. Crystallium. Entah itu buat jantan atau betinanya. Entah kenapa saat kawin sama kuping gajah, kok bisa jadi. Aneh ya...Memang anakannya takkan jadi Sirih seratus persen.
Karena "warisan" Clarinervium masih akan ngikut. Bisa ditandai dengan munculnya guratan urat dan berwarna cerah. Tepian daunnya juga berkelir keputihan. Kerutan di permukaan daunnya juga tak ekstrem lagi.Nah, kala bertemu kuping gajah tapi daunnya berkerut, bisa jadi itu anakan Sirih dengan kuping gajah. Anda pernah melihatnya??

Disarikan dari berbagai sumber, semoga bermanfaat



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah, semoga bisa istiqomah dan bermanfaat,
Diharapkan setelah berkunjung untuk memberikan komentar
baik berupa saran maupun kritik yang membangun.