Pesona Jemani

Pesona Jemani
Jemani indukan

Sabtu, 13 Desember 2014

Khasiat Buah Tin Dan Kandungan Nutrisi Ara

30 Khasiat Buah Tin Dan Kandungan Nutrisi Ara

Khasiat dan Manfaat buah tin sangat banyak sekali bagi kesehatan tubuh Kita. Berikut berbagai macam manfaat kesehatan buah tin atau buah ara yang kami kumpulkan secara ringkas dari sumber-sumber yang sangat banyak tentang buah tin ini, tentunya penelitiannya dilakukan oleh para ahli kesehatan di benua. Sebelum kita mengetahui manfaat dan hasiat buah tin sebaiknya kita mengetahui Kandungannya.
Kandungan Nutrisi Buah Tin / Ara
Nutrisi Buah Tin Segar
(100 gr)
Nutrisi Buah Tin Kering
(100 gr)
Calories (kcal)
74
Calories (kcal)
249
Fibre
3
Fibre
10
Fat
0
Fat
1
Protein
1
Protein
3
Sugar
16
Sugar
48
Vitamin A
142
Vitamin A
10
Vitamin C
2
Vitamin C
1.2
Vit B1
0.1
Vit B1
0.1
Vit B2
0.1
Vit B2
0.1
Vit B6
0.1
Vit B6
0.1
Sodium
1
Sodium
10
Potassium
232
Potassium
680
Calcium
35
Calcium
162
Phosphorus
232
Phosphorus
67
Magnesium
17
Magnesium
68
Iron
0.4
Iron
3.07
Manganese
0.1
Manganese
0.8
Copper
0.1
Copper
0.3
Selenium
0.2
Selenium
0.6
Zinc
0.2
Zinc
0.5
Kandungan Nutrisi tiap 100 gram
Sumber: California Fig-s Advisory Boards
Banyak sekali kandungan nutrisi yang terdapat pada buah tin tetapi sayangnya buah ini sangat jarang di konsumsi oleh masyarakat indonesia, buah tin hanya sebagai oleh-oleh setelah seseorang menunaikan ibadah haji, padahal budidaya buah tin sudah ada di Indonesia walau harganya masih terbilang mahal.


Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan 
1. Penyakit Darah Tinggi dan Jantung Koroner. Kandungan omega 3, 6 dan kalium, fenol dan magnesium di dalam buah tin membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga dari serangan jantung. 
2. Mengurangi Kadar Kolestrol Darah. Serat larut buah tin disebut pektin membantu mengurangi kolesterol darah. Ketika melewati sistem pencernaan, serat pektin akan menyapu bola-bola kolesterol di usus lalu membawanya keluar. 
3. Buah tin atau buah ara menurunkan dan mengontrol darah tinggi karena buah tin tinggi akan kalium dan mineral berperan mengontrol hipertensi. Orang-orang banyak yang kekurangan kalium karena menghindari makan sayur dan buah-buahan dan banyak mengkonsumsi natrium, bahan yang digunakan pada makanan kemasan atau instan. 
4. Kencing manis atau Penyakit diabetes, serat di dalam buah tin memperlambat proses penyerapan glukosa pada usus kecil. Gabungan zat dalam buah tin yaitu serat tinggi dan karbohidrat dalam bentuk ringkas yaitu glukosa serta fruktosa yang mampu mengontrol kadar dari gula darah. Jadi walau rasa buah tin manis, namun aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. (saran pribadi jangan mengkonsusi berlebihan karna untuk mendapatkan manfaat dari apa yang kita makan dengan mengkonsumsi secukupnya saja) 
5. Kanker kolon (usus besar), saluran pencernaan dan Panyuu-daara. Mengkonsumsi buah tin secara rutin membantu mengurangi risiko kanker payuu-daarra dan kanker kolon (usus besar). Karna buah tin atau ara mengandung “polyphenols” yang cukup tinggi; dimana zat ini memiliki fungsi sebagai antioksidan yang penting bagi tubuh, dimana antioksidan bisa mengurangi efek radikal bebas yang menyebabkan kanker. Selain itu, tingginya kadar serat pada buah tin dapat mengikat zat karsinogen yang memicu timbulnya kanker pada saluran cerna. 
6. Mencegah osteoporosis. Kandungan kalsium serta kalium buah tin atau ara dapat mencegah penipisan/pengeroposan tulang atau osteoporosis, sekaligus membantu meningkatkan kepadatan pada tulang. Dalam buah tin/ara mengandung kalsium, jumlahnya lebih tinggi dari kalsium yang terdapat pada susu. Kalium dalam buah ara melawan hilangnya kalsium melalui urin sehingga dapat mencegah kandungan tulang menipis. 
7. Tingginya kalsium buah tin/ara menjadikan buah ini sebagai kalsium alternatif yang baik, utamanya pada terapi pengobatan bagi orang yang alergi terhadap susu. 
8. Menggemukkan Badan. Bagi orang yang kurus, perpaduan buah tin dengan susu bisa membantu meningkatkan berat badan dengan cepat, baik dan seimbang. 
9.Insomnia. Tryptophan buah tin/ara, menginduksi tidur lebih baik dan membantu menyingkirkan pengganggu pada tidur Anda seperti insomnia. 
10. Mengkonsumsi buah tin memulihkan kondisi badan dari kelelahan setelah beraktifitas, meningkatkan memori otak dan mencegah penyakit anemia. Hasil penelitian menemukan bahwa buah tin termasuk buah dapat meningkatkan pembentukan hemoglobin pada darah. 
11.Buah tin ini TIDAK mengandung lemak, garam dan kolesterol, tetapi mengandung kalium, serat, kalsium dan zat besi yang tinggi. Buah ini sodium yang sangat rendah. Buah tin juga kaya benzaldehida (senyawa anti-kanker serta beta-karoten). Selain itu, buah ara juga mengandung vitamin penting bagi tubuh seperti vit A, B juga C. 
12. Manfaat dari laksatif memeperlancar BAB, mengkonsumsi buah tin membantu untuk mengobati penyakit sembelit kronis. Buah tin sejak dahulu dikenal sebagai obat pencahar alami bagi tubuh. 
13.Konsumsi harian buah tin adalah obat yang efektif untuk terapi penyembuhan wasir atau ambeien (Hemorrhoid atau Piles). Buah ara mengandung enzim seperti flavonoid dan ficin baik untuk sistem pencernaan. 
14.Buah tin kaya phenol dan benzaldehid yang alami sebagai zat anti tumor dan dapat membasmi mikro-organisme patogen, virus dan jamur. 
15. Buah tin/ara berguna dalam mengatasi gangguan pernafasan termasuk asma dan batuk rejan. Buah tin juga bekerja menormalkan pernapasan Anda. 
16. Jika diterapkan pada kulit, buah ara yang dipanggang dapat menyembuhkan radang seperti bisul-bisul dan abses (bisul bernanah). 
17. Zat-zat aktif yang ada pada buah tin adalah zat-zat pembersih yang dapat dipakai sebagai mengobati luka luar. Caranya dengan melumuri luka dengan buah tin. 
18. Makan buah ini efektif dalam mengobati sakit tenggorokan atau sore throat karena kandungan lendirnya yang cukup tinggi.

Manfaat Buah Tin Untuk Diet Sehat
19. Menurunkan Berat Badan. Buah tin / ara kaya akan serat makanan yang tinggi, menjadikan buah efektif untuk penurunan berat badan. Buah tin adalah buah yang sering dijadikan rekomendasi para ahli diet sehat dan ahli gizi.
Manfaat Buah Tin Untuk Pria dan Wanita 
20. Buah tin baik bagi wanita pasca-menopause dan melindunginya dari kanker payuu-daara. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memakan buah kaya akan serat dengan teratur mengurangi kemungkinan terkena penyakit kanker dan penyakit degeneratif-degeneratif lainnya. 
21. Kanker Prostat. Kandungan “coumarins” pada buah tin dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat dan juga berfungsi merawat kulit Anda. 
22. buah ara atau tin pun telah dipakai untuk mengobati kelemahan seseorang dalam kebutuhan suami istri. Caranya, rendam sekitar 2 hingga 3 buah di dalam susu selama 1 malam dan di makan ketika pagi harinya, lakukan dengan rutin + 1 bulan.

Manfaat Buah tin Untuk Kecantikan
23. Merawat kulit. Kandungan “coumarins” pada buah tin dapat merawat kulit jug dapat mengurangi resiko terkena kanker pada prostat. 
24.Buah tin juga dapat digunakan sebagai pembersih kulit dan mencegah sertamenyembuhkan jerawat. Caranya, makan rutin buah ini atau haluskan buah tin segar lalu oleskan ke wajah, biarkan lebih kurang selama 10 hingga 15 menit. Alasan adalah, buah tin mengandung mineral alkali yang sangat bermanfaat untuk mengatur keseimbangan pH pada tubuh dan berguna untuk kesehatan kulit Anda.

Manfaat Buah Tin Untuk Ibu Hamil
25. Buah tin baik sekali dikonsumsi oleh para ibu setelah melahirkan, sebagai pengganti zat besi alami yang banyak hilang ketika melahirkan. Hal ini sangat berbeda dengan suplemen zat besi yang dijual di pasaran biasanya malah dan menyebabkan konstipasi (sembelit atau sulit BAB) sedangkan buah ini alami dan bermansaat sekali.

Manfaat Buah Tin Untuk Makanan 
26.Buah ara dengan rasa manis dan lembut sering digunakan untuk pengganti gula. Buah ini di negara barat seringkali digunakan untuk membuat kue, puding, roti, jeli, selai dan taart. 
27.Buah tin bisa dikonsumsi seluruh orang, termasuk anak-anak dan buah ini adalah makanan yang baik untuk umur berapa saja, karena kandungan serat yang tinggi. Jadi sangat tepat jika mengkonsumsi buah Ara, sebagai makanan alternatif untuk meningkatkan kesehatan sehari-hari.

Manfaat Daun Pohon Tin Atau Ara
28.DAUN pohon tin / ara bisa menurunkan tingkat trigliserida, merupakan satu bentuk lemak yang ada dalam aliran darah. Karena itu, setelah kita meminum teh daun tin badan akan efek lebih segar. 
29.Selain itu, rebusan dari DAUN pohon tin bermanfaat sebagai peluruh batu ginjal dan menghancurkannya. dikarenakan daun tin mengandung saponin dan alkaloid, yang memiliki manfaat sebagai diuretik atau peluruh urine. 
30. dan Rebusan daun pohon ara membantu penderita diabetes mengurangi asupan insulin sehingga sedikit demi sedikit bisa mengurangi tingginya kadar gula dalam darah.

Maha Suci Allah yang menciptakan buah Tin yang telah terbukti secara ilmiah mengandung khasiat dan manfaat yang luar biasa. Semoga artikel tentang    bisa digunakan agar tetap sehat dan dengan kesehatan kita dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.
sumber : manfaatbuaha.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Alhamdulillah, semoga bisa istiqomah dan bermanfaat,
Diharapkan setelah berkunjung untuk memberikan komentar
baik berupa saran maupun kritik yang membangun.